Tempat Wisata di Makasar

Tempat Wisata di Makasar - Makasar yang dulunya terkenal dengan sebutan Ujung Pandang merupakan kota yang terkenal di sulawesi dan menjadi ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makasar salah satu kota tersebesar di Indonesia dengan memiliki penduduk 1.4 juta jiwa. Pada jaman dahulu waktu VOC Makasar terkenal dengan Kota perdagangan yang tersohor sampai asia. 

Makasar kota yang unik karena disana berkumpulkan banyak suku seperti suku Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Mungkin kita pernah melihat atau mendengar nama Coto Makasar itu merupakan makanan khas dari makasar yang sudah terkenal. Untuk tempat wisata yang terkenal di makasar kita akan melihatnya di bawah ini

1. Pantai Losari

Ketika kita di Makassar maka dalam pikiran kita ingin ke pantai Losari. Pantai yang tidak memiliki pasir yang menjadi keistimewaanya, Kita langsung melihat laut secara lepas dan bisa duduk di beton bersama dengan keluarga atau orang yang tersayang. Fasilitas pantai yang bisa kita temui adalah memancing, naik sepeda air, banana boat, keliling dengan perahu dll. Bagi yang suka kuliner pantai Losari memberikan sajian khas Makasar seperti Coto Makassar, Pisang Epe, Sop Konro, Es Pallu Butung dll. Pada pagi hari pantai losari di penuhi orang yang olah raga jogging dan ketika sore hari banyak orang menunggu moment sunset. Pasti akan mengasikkan sambil bersama orang tersayang dan menyantap kuliner khas Makassar dengan melihat Sunset.

2. Taman Laut Taka Bonerate

Hobi menyelam, Taman Laut Taka Bonerate adalah tempat yang tepat karena ditempat ini dikabarkan merupakan surga bagi para penyelam.Di dalam laut Taka Bonerate kita bisa menjumpai banyak jenis ikan ada ratusan dan juga ada penyu sehingga kita akan dimanjakan keindahan alam dasar laut. Selain itu panorama terumbu karang bisa memanjakan kita betapa indahnya ciptaan Tuhan ini. Bila ingin menyelam kita tidak bisa sembarangan karena harus ada ijin dari Balai Taman Nasional dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku. Untuk menyelam kita dikenalan biaya Rp. 25.000,- untuk pengunjung domestik dan Rp. 60.000,- untuk wisatawan asing. Disana juga disiapkan peralatan untuk menyelam dengan biaya Rp. 250.000,-. Bila kita sudah hobi maka kita akan datang ke tempat yang Indah ini

3. Tanjung Bira



Keindahan Pantai Tanjung Bira cukup jauh dari kota Makassar kurang lebih 200 km. Keindahan pasir yang sudah terkenal dengan kelembutannya dah warna yang putih bersih sehingga membuat air menjadi kebiruan sangat indah sekali dan menjadi andalan bagi kota Makassar. Pesona Tanjung Bira sudah diakui oleh wisatawan mancanegara karena dianggap surgawi dunia. Kita disana dimanjakan suasana laut yang biru, pasir putih, dapat berenang, snorkeling, berjemur, yang istimewa kita bisa menikmati sunset di sore hari bersama dengan orang yang tersayang. Fasilitas yang diberikan kita bisa menyewa alat snorkeling hanya Rp. 30.000,- dan juga bisa menyewa sepeda motor seharga Rp. 65.000,- per hari untuk menikmati keindahan pantai. Seperti pantai yang terkenal lainnya, restoran, penginapan dll. Cukup murah untuk mengunjungi pantai yang indah ini hanya Rp.5.000 - Rp. 10.000,-. Di pastikan anda tidak akan menyesal.

4.Trans Studio Makassar

Ternyata Trans Studio tidak hanya ada di Jakarta saja, di Makassar juga ada Trans Studio Makassar yang di resmikan pada tanggal 20 mei  2009. Dengan area yang luas 2.7 hektar kita bisa menikmati 21 wahana dah empat zona permainan yang disediakan oleh Trans Studio yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner. Untuk menikmati fasilitas Trans Studio kita bisa mulai pukul 10.00 - 19.00 untuk hari biasa sedangkan untuk hari libur atau akhir pekan sampai pada pukul 21.00. Untuk masuk kita dikenakan biaya Rp. 100.000,- untuk hari biasa, Rp. 175.000,- untuk akhir pekan dan Rp. 200.000,- untuk hari spesial atau ada event. Memang cukup mahal tetapi kita bisa banyak belajar di dalam Trans Studio Makassar ini.

5. Danau Tempe

Perlu kita ketahui kalau Danau Tempe merupakan danau penghasil ikan tawar paling besar di dunia. Wow itu merupakan rekor yang fantastis bagi Indonesia. Di atas danau kita bisa melihat banyak rumah apung dari para nelayan yang menjadi bagian dari danau tempe ini. Bila anda hobi untuk memancing kita bisa mudah untuk mendapatkan ikan di danau ini, atau kita bisa langsung membeli ikan segar yang sudah sediakan oleh para nelayan. Selain komuditas ikan kita juga bisa menikmati sayuran yang ditanam disekitar danau. Momen yang paling di tunggu adalah pada tanggal tanggal 23 Agustus, di sini diadakan sebuah ritual tahunan untuk menyucikan danau yang disebut dengan Maccera Tappareng. Kepala nelayan akan menyembelih seekor sapi, setelah itu akan ada banyak pertunjukan seni dan budaya serta berbagai lomba. Danau ini menjadi contoh untuk kita bisa membudayakan ikan yang bisa menghasilkan hasil yang besar dan sudah di akui oleh masyarakat luas.

Bila kita berkunjung ke Makassar jangan lupa untuk singgah ketempat pariwisata diatas, karena bila diabaikan kita akan menyesal bila kita bukan orang dari Makassar. Kesempatan untuk melihat Tempat Wisata di Makassar yang indah harus benar benar di manfaatkan sebaik mungkin.